TEMPAT WISATA KABUPATEN LUMAJANG

Kabupaten Lumajang mempunyai berbagai tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kali ini aku ingin berbagi referensi tempat wisata yang ada di Kabupaten Lumajang. Langsung simak saja...

1. Selokambang
Selokambang sendiri artinya adalah batu terapung. Menurut sejarahnya sih pada masa kerajaan Majapahit dulu ada seseorang yang menyelamatkan diri dari peperangan dan menyembuyikan sesuatu di balik batu besar di tepi danau. Dengan bantuan petapa sakti, batu tersebut digeser dan masuk ke danau. Anehnya, batu itu tidak tenggelam melainkan terapung sehingga dinamai batu apung (selokambang).

Lokasi selokambang terletak di desa Petahunan-Purwosono, kec. Sumbersuko Kab. Lumajang. Tempat ini terletak sekitar 7 km dari arah kota. Harga tiket untuk masuk di pemandian ini cukup murah, yaitu Rp. 3.000,00. Di sana Anda bisa menikmati pemandangan alam sekaligus area utama yaitu pemandian. Di sisi atas ada lapangan tenis, sementara di samping pintu masuk adalah kolam khusus anak-anak. Di sebelah selatan, Anda bisa menikmati perahu dayung yang memang disediakan untuk pengunjung. Di area dayung, Anda dapat melihat koloni ikan; ada ikan mujair, nila, tawes, wader, sepat, tombro dan gurami. Kalau masih kurang puas, Anda bisa bermain air di sebelah dam yang ada di antara kolam anak dan area dayung. Airnya sangat jernih dan segar!



2. Pantai Bambang
Pantai Bambang terletak di Desa Bago Kecamatan Pasirian. Pantai ini merupakan pantai selatan yang mempunyai ombak yang besar mencapai 3 m. Ombaknya yang tinggi bergulung-gulung menjadi ciri khas pantai selatan Jawa dan hamparan pasir berwarna hitam berkilauan di sepanjang pesisir. Pemandangan pegunungan yang berderet berjajar di sebelah barat kian menambah elok suasana.
Pantai Bambang memang menjadi salah satu Icon wisata di Lumajang karena mempunyai pemandangan yang eksotik dan indah.

Tiket masuk pantai bambang sangat murah, hanya Rp2000 per orang saat anda masuk ke kawasan pantai.. anda akan memasuki hutan jati.. panorama yang sangat indah dapat di abadikan di sini. di pantai bambang sendiri terdapat pasir hitam yang indah,, pasir ini biasannya ditambang. namun tidak di kawasan pantai. kalau anda agak ke timur, maka anda akan menemukan bendungan. nah di bendungan inilah biasannya pasir ditambang karena kadar Fe (besi) yang cukup tinggi, pasir Lumajang sangat terkenal di pasaran.


3. Pantai Watu Pecak
Pantai ini terletak di desa Selok Awar-awar Kecamatan Pasirian ± 18 Km dari kota Lumajang kearah Selatan dengan jarak tempuh ± 35 menit dari Kecamatan Pasirian. Pantai ini terletak di sebelah timur Pantai Bambang. Seperti Pantai Bambang, Pantai Watu Pecak merupakan obyek wisata Pantai Selatan dengan ciri ombak besar dan dipergunakan sebagai tempat upacara Melasti / sesuci bumi umat Hindu Dharma Bali.

4. Pantai Watu Godeg
Kecamatan Tempursari sebagai wilayah Kabupaten Lumajang di ujung selatan mempunyai obyek wisata Pantai Watu Godeg yang terletak di Desa Bulurejo dengan jarak ± 8 Km dari Kecamatan Tempursari kearah Selatan atau sekitar ± 80 km dari Kota Lumajang. Dengan adanya jalan tembus Pasirian -Tempursari jaraknya dapat diperpendek menjadi ± 12 Km dari Kecamatan Pasirian.
Panorama dipantai ini sangat indah, pemandangan laut lepas dengan latar belakang bukit serta ditunjang dengan batu besar dipantai bila terkena ombak seperti bergoyang, Godeg (geleng kepala).

5. Pantai TPI Permai
Pantai TPI Permai berada di Desa Bulurejo Kecamatan Tempursari. Di tempat ini pengunjung dapat memanjakan lidah dengan menikmati aneka hidangan laut yang masih segar di warung-warung yang tersebar di sekitar pantai.

6. Ranu Klakah
Obyek wisata danau ini terletak di sebelah Utara kota Lumajang tepatnya di Desa Tegalrandu Kecamatan Klakah dengan jarak tempuh ± 20 Km dari kota Lumajang. Transportasi, mudah dicapai dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum baik roda dua maupun roda empat disamping ada dokar sebagai sarana angkutan tradisional masyarakat setempat.

Obyek ini berada pada ketinggian ± 900 meter dpl, dengan luas 22 hektar dan kedalaman 28 m yang dilatar belakangi gunung Lamongan dengan ketinggian ± 1.668 m dpl, serta didukung oleh udara yang sejuk dan segar. Beraneka ragamnya buah-buahan nangka khas Klakah yang dijual sepanjang jalan raya menjadi daya tarik lain bagi obyek wisata ini.

Panorama yang khas berupa fatamorgana kebiruan air obyek wisata ini merupakan alternatif pilihan tujuan wisata di Jawa Timur bila mengunjungi Bali melewati Kabupaten Jember. Danau ini merupakan salah satu obyek wisata dari Kawasan Wisata Setiga Ranu ( danau ) sedangkan lainnya adalah Ranu Pakis dan Ranu Bedali, yang satu sama lain terhubung oleh jalan yang dapat dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Disamping menikmati panoramanya, aktivitas yang dapat dilakukan sendiri ataupun bersama keluarga antara lain, joging mengelilingi area danau dengan fasilitas jalan beraspal, berperahu, menikmati sarana permainan anak, berolahraga tennis dan memancing. di Ranu Klakah tersedia sarana Hotel untuk menginap dengan jumlah kamar 6 buah.

7. Ranu Pakis
sekitar 10 menit dengan berkendaraan roda dua ataupun roda empat sampailah kita ke Ranu Pakis, bila kunjungan wisata kita diawali dari Ranu Klakah. Obyek wisata danau ini terletak di Desa Ranu Pakis dengan jarak ± 20,5 Km disebelah Utara kota Lumajang ,mempunyai ketinggian ± 600 Meter, dari permukaan laut dengan luas danau 50 Ha dan kedalaman 26 m. Masih dilatar belakangi Gunung Lamongan dan nampak lebih dekat, serta kondisi alam yang masih perawan akan menjadi daya tarik bagi pecinta lingkungan atau wisatawan yang membutuhkan udara segar.

Selain rekreasi dapat pula menikmati ikan segar yang dijual di warung-warung sederhana dan dapat pula dibawa untuk oleh-oleh. Ikan ini hasil budi daya pada perairan Ranu Pakis dengan sistim keramba jaring apung, jenisnya Mujaher, Nila.

8. Ranu Bedali
Sebagai rangkaian kawasan Segitiga Ranu, dengan jarak 7 Km dari Ranu Pakis atau 6 Km dari Ranu Klakah kita sampai pada Ranu Bedali Kecamatan Ranuyoso. Obyek wisata ini mempunyai ketinggian ± 700 M dari permukaan laut dengan luas danau 25 Ha dan kedalaman 28 m.
Berbeda dari dua ranu sebelumnya, yang menarik dari ranu ini adalah letak permukaan air berada jauh di bawah permukaan tanah. Sehingga untuk mencapai daratan tepi danau dibutuhkan kesehatan prima yang merupakan tantangan bagi mereka yang berjiwa muda. Meskipun demikian panorama danau ini dilihat dari atas cukup mengasyikkan.

9. Goa Tetes
Goa Tetes merupakan wisata goa yang didalamnya terdapat stalagtit dan stalagmit dengan warna yang beraneka ragam. Terletak di desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo jarak tempuh dari kota Lumajang ± 55 Km ke sebelah Selatan, mudah dicapai dengan kendaraan roda dua / empat, satu jalur dengan obyek wisata Piket Nol, selanjutnya perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki menuruni tangga sepanjang ± 3 Km untuk sampai ke mulut goa, dengan medan yang cukup menantang.
Banyak dikunjungi oleh muda mudi dan dipercaya masyarakat dapat mempersatukan kembali keretakan rumah tangga.



10. Air Terjun Manggisan
Merupakan obyek wisata petualangan yang memiliki ketinggian ± 100 meter, untuk mencapai lokasi ditempuh dengan berjalan kaki selama ± 1 jam. di dekat air terjun manggisan juga terdapat air terjun yang ketinggiannya ± 20 meter merupakan sumber air yang jernih. walaupun medan yang dilalui berliku-liku namun pemandangannya yang indah dan keasliannya merupakan daya tarik tersendiri.

11. Kebun Teh Kertowono
Daerah ini merupakan perkebunan teh yang sangat indah yang terletak di Gucialit. Ditengah-tengah perkebunan terdapat air terjun dengan air yang jernih dan sejuk. Tempat ini sangat cocok untuk merefres pikiran karena dengan udara yang segar dan suasana yang sangat menyenangkan.


12. Ranu Pane, Regulo, dan Gumbolo
3 (tiga) Ranu/danau ini terletak di lereng G. Semeru. Para pendaki yang akan ke puncak Semeru pasti melewati 3 danau ini. 2 Danau yaitu Ranu Pane dan Ranu Regulo terletak di desa Ranu Pane lereng bawah dan merupakan awal pendakian, sedang Ranu Gumbolo terletak di lereng atas setelah perjalanan 5 jam dari Ranu pane.
Panaroma Ranu pane

Panaroma Ranu Regulo

Panaroma Ranu Gombolo

Ini foto-foto bukit yang indah yang ada di Ranu Pane... Aku sih nyebutnya Bukit Teletubies.. Tempatnya sangat indah dan aku slalu kangen pengen ke sana lagi... hehe


Cerita tentang wisata ranu pane, ranu regulo, dan ranu kumbolo lebih lengkapnya dapat dilihat di sini.

1 komentar:

Posting Komentar