MOBILITAS PENDUDUK: PENGARUHNYA TERHADAP PERMUKIMAN KUMUH DI KOTA SURABAYA


Heni Puja Astuti
Universitas Negeri Malang

ABSTRAK: Kota Surabaya merupakan salah satu kota besar di Jawa Timur di mana tingkat pertumbuhan penduduk di kota ini sangat tinggi. Banyak migran dari berbagai daerah sekitar Surabaya Bangkalan, Gresik, Lamongan, dan Mojokerto datang ke kota ini untuk mencari pekerjaan. Hal ini menyebabkan terciptanya permukiman kumuh yang dihuni oleh kalangan masyarakat menengah ke bawah.  Permukiman kumuh yang ada di Kota Surabaya sangat banyak dijumpai, akan tetapi titik permukiman kumuh paling banyak ada di Surabaya bagian utara. Pengaruh migran yang datang ke Surabaya sangat besar terhadap keberadaan permukiman kumuh di kota ini.
Kata kunci:  permukiman kumuh, migran

Mengukur Luas Menggunakan Google Planimeter

Mengukur luas suatu daerah tidak harus datang langsung ke lokasi yang ingin diukur. Banyak cara yang dapat digunakan. Yang paling banyak digunakan yaitu dengan menggunakan peta. Namun saat ini melakukan pengukuran dapat dilakukan secara online. Gimana caranya??? Yuukk simak langkah-langkah berikut:

Pertama, masuk dulu ke alamat http://www.acme.com/planimeter/, kemudian akan muncul tampilan seperti berikut

Untuk menentukan lokasi yang diinginkan dapat dilakukan dengan cara menggeser ke atas scrool yang ada di bagian kiri.

Untuk menggeser ke lokasi yang diinginkan dapat dilakukan dengan meng-klik pada bagian di bawah ini

Setelah ketemu lokasi yang diinginkan, klik pada ujung-ujung lokasi yang ingin di ukur luasnya dan secara otomatis akan muncul tanda dan luas daerah yang diinginkan

Mudah kan??? Nah sekarang silahkan dicoba yaaaa... :)