Puncak B 29, Wisata di Atas Awan Kabupaten Lumajang

Puncak B 29, pertama kali mendengar namanya aku bertanya-tanya tempat seperti apa B 29 itu. Belum lagi mendengar cerita dari teman-teman yang katanya memiliki keindahan yang luar biasa itu.

B-29 merupakan nama dari puncak bukit yang ada di Desa Argosari Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang. Tempat ini berada di ketinggian kurang lebih 2900 mdpl, oleh karena itu mengapa tempat ini disebut dengan Puncak B-29. Desa Argosari sendiri dihuni oleh Suku Tengger yang kaya akan kebudayaan. Tentang kebudayaan dan kehidupan sosial suku tengger akan saya posting lain waktu.

Untuk menuju Puncak B-29, dari pusat Kecamatan Senduro kita dapat menempuhnya dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Setelah melewati permukiman penduduk Desa Kandang Tepus, kita akan disuguhi pemandangan yang luar biasa menakjubkan. Sebelah kanan dan kiri merupakan kebun sayur mayur milik penduduk Kandang Tepus, namun tidak dijumpai permukiman sama sekali hanya pondok-pondok kecil tempat pemilik kebun beristirahat. Pemandangan yang masih alami dengan udara yang sejuk, sangat berbeda jauh dengan suasana perkotaan. Selain kebun sayur milik warga, di sepanjang perjalanan kita juga dapat menikmati pemandangan bukit dan gunung kebanggaan Kabupaten Lumajang yaitu Semeru.
Berikut foto=foto perjalanan menuju Desa Argosari.
Desa Argosari

Gunung Semeru dari perjalanan menuju Desa Argosari


Suasana berbeda berubah seketika saat kita memasuki Desa Argosari. Desa yang jauh dari pusat kecamatan ini lumayan ramai dengan kebudayaan yang berbeda dengan Desa setempat. Dari Desa ini B-29 dapat dijangkau dengan kendaraan bermotor roda 2, kalaupun kendaraan yang kita bawa tidak dapat menjangkau puncak karena jalanan yang menanjak dan berkelok-kelok, tidak perlu khawatir karena penduduk setempat menyediakan jasa ojek sampai ke puncak.

Sampainya di puncak, saya pribadi tidak ada hentinya berdecak kagum dengan suguhan pemandangan yang ada di depan mata. Seakan saya benar-benar berdiri di atas awan yang putih bersih seperti kapas. Dari tempat ini kita dapat melihat hamparan rumput dan puncak-puncak perbukitan yang hijau, lautan pasir dan puncak Gunung Bromo, Gunung Semeru, di sisi lain kita dapat melihat hamparan pertanian dan permukiman warga Desa Argosari. Semua pemandangan yang ada seolah menghipnotis untuk enggan beranjak dari tempat ini.

foto diambil dari parkiran sepeda motor di puncak B-29

Jalan menuju puncak

Pemandangan Savana, bukit, dan Gunung Bromo

Padang Rumput di puncak B-29

Perbukitan dengan rumput yang hijau

Pertanian warga Desa Argosari dari Puncak B-29

Dari sisi lain keindahan yang ada di B-29, dalam hati saya sangat menyayangkan sikap pengunjung yang kurang bertanggung jawab. Banyak sampah berserakan, padang rumput dan pohon-pohon yang rusak karena digunakan sebagai bahan perapian saat mereka camping di sana. Seharusnya semua pihak memiliki rasa tanggungjawab untuk menjaga apa yang ada di alam dan tidak merusaknya. Apalagi Kabupaten Lumajang memiliki potensi wisata yang sangat besar, alangkah baiknya kalau semua generasi mampu untuk melestarikan wisata yang ada, minimal tidak menyebabkan kerusakan, agar wisata yang ada di Kabupaten Lumajang dapat menjadi penyokong Sumber Daya Pembangunan Nasional.

Sampah berserakan dan padang rumput yang rusak

Pohon yang rusak

Aksi buang sampah sembarangan pengunjung

1 komentar:

Posting Komentar