Distribusi Ikan Belanak

Belanak merupakan jenis ikan laut tetapi sering masuk ke daerah estuaria bahkan ke perairan sungai (tawar). Ikan ini tersebar di perairan tropis dan subtropis (FAO, 1974 dalam Adrim et al., 1988), juga ditemukan di air payau dan kadang-kadang di air tawar (Iversen, 1976). Di kawasan Pasifik belanak ditemukan di Fiji, Samoa, New Caledonia dan Australia. Sedangkan di Asia, banyak ditemukan di Indonesia, India, Filipina, Malaysia dan Srilangka.
Ikan ini terdistribusi pada semua perairan baik di daerah estuari (coastal) maupun laut di daerah tropis dan subtropis yaitu di Indo-Pacific, Filipina, dan Laut Cina Selatan, hingga Australia. Ikan belanak merupakan jenis ikan pelagis (benthopelagic) yang bersifat katadromus hidup di perairan tawar seperti sungai, estuary, dan laut dengan kedalaman sampai 120 meter, temperatur antara 8-240°C. Di Australia ditemukan ukuran maksimum 76 cm, sedangkan di China hanya 11,5 cm.




Persebaran perikanan budidaya jenis ikan ini di Indonesia memang belum banyak. Budidaya ikan belanak hanya dapat di temui di pulau jawa dan sebagian pulau kalimantan. Di perairan Cirebon, tepat sekitar pelabuhan Cirebon, banyak sekali ikan belanak, mereka sering bergerombol 5-8 ikan dengan ukuran bervariatif. Di Sungai Musi ikan belanak hidup di daerah muara dan estuaria seperti di daerah Sungsang dan Sembilang. Ukuran yang sering tertangkap di perairan Sungai Musi adalah kurang dari 20 cm (Utomo, et al., 2007).
Salah satu perairan yang memiliki sumberdaya M. dussumieri adalah Perairan Ujung Pangkah, Gresik, Jawa Timur. Produksi hasil tangkapan Ikan Belanak dari perairan tersebut dari tahun 1994 sampai 1998 tems meningkat, sedangkan tahun 1999 mengalami penurunan. Adanya penurwlan ini kemwlgkinan karena populasi ikan menurun akibat penangkapan. Untuk mencegah penurunan populasi diperlukan suatu informasi yang menunjang ke arah pelestarian, salah satunya adalah aspek biologi reproduksinya.

Potensi ikan belanak
Ikan Belanak ini biasanya dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Ikan ini dikonsumsi dalam keadaan segar, tetapi ada juga yang dijadikan ikan kering, ikan asin dan ikan asap (sale). Sedangakan dari segi segi pemasaran Ikan Belanak ini banyak disukai masyarakat baik sebagai ikan segar atau sebagai ikan yang telah diawetkan secara tradisional.

0 komentar:

Posting Komentar