Batuan penyusun bumi

Batuan merupakan bahan alamiah yang menyusun bumi kita. Penggolongan jenis batuanpun berfariasi, ada yang berdasarkan warna, kandungan kimia, struktur, san sebagainya. Salah satu penggolongan batuan yang paling sering digunakan adalah penggolongan batuan berdasarkan terjadinya. berdasarkan terjadinya, batuan digolongkan menjadi batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf/malihan.

1. Batuan Beku (Igneous Rocks)
Batuan beku adalah batuan yang terbentuk dari pembekuan magma. Magma ada ang membeku jauh sebelum sampai di permukaan bumi (Batuan beku dalam/Batuan Intrusi/Batuan Plutonik), ada yang membeku setelah mencapai permukaan bumi (batuan beku luar/batuan ekstrusi), dan ada yang membeku di sela-sela rekahan atau kepundag gunung api (Batuan beku sela/batuan beku korok).

Berdasarkan warnanya, batuan beku dibedakan menjadi dua, yaitu:
- Batuan beku berwarna terang, batuan ini tersusun dari mineral-mineral yang kaya silikat, ferromagnesium rendah, dan bersifat asam
-Batuan beku berwarna gelap, batuan ini tersusun dari mineral-mineral berat, kaya ferromagnesium, silikat rendah, dan sifatnya basa.

Batuan beku sangat bervariasi dari segi komposisi maupun teksturnya. Komposisi batuan beku berkaitan erat dengan kandungan magma asal serta proses yang dialami batuan tersebut saat membeku.
Klasifikasi batuan beku dapat dilihat pada gambar berikut.


2. Batuan Sedimen
Batuan sedimen dalah batuan yang erjadi karena pengendapan dari hasil erosi atau pelarutan. Batuan sedimen berasal dari batuan sedimen yang sudah ada, baik batuan beku, sedimen, ataupun metamorf yang mengalami pelapukan dan ter erosi dan diendapkan di tempat lain. Endapan yang terbentuk tertutup oleh endapan lain yang menekan kebawah dan ddibantu oleh material halus untuk merekatkannya seperti liat, lempung, silika, dan lain-lain sehingga mengalami proses sementasi dan litifikasi menjadi batuan yang keras.
Berdasarkan tenaga pengangkutnya batuan sedimen dibedakan menjadi:
- Sedimen aquatis, diendapkan oleh air. Contoh: flood plain, alluvial fan.
Alluvial fan

- Sedimen aeolis/aeris, diendapkan oleh tenaga angin. contoh: sand dunes.
- Sedimen glassial, diendapkan oleh tenaga gletser. contoh: morena.
Contoh dari batuan sedimen dapat dilihat di sini.

3. Batuan Metamorf
Batuan metamorf adalah batuan yang telah mengalami perubahan baik fisik maupun kimia akibat adanya tekanan dan temperatur yang tinggi.

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwasanya pembentukan batuan itu berupa suatu siklus yang saling terkait antara satu dengan yang lain. Siklus batuan lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut.

1 komentar:

Posting Komentar