TIPS MENGHADAPI UJIAN NASIONAL



Berikut saya ingin berbagi tips menghadapi ujian nasional berdasarkan dari pengalaman SMA dulu, siapa tau bisa membantu temen-temen semua....

- Belajar rutin
Ya pasti lah persiapan yang paling penting dalam menghadapi ujian adalah belajar. Tapi yang perlu digaris bawahi di sini yaitu belajar secara rutin. Gak perlu lama-lama, cukup satu atau dua jam saja. Tapi saya tekankan kembali hal ini harus di lakukan secara rutin. Kalo saya dulu dalam satu hari ada 2 tahap belajar, satu jam pada pagi hari sebelum sekolah terus kemudian pada sore atau malam hari dua jam. Awalnua memang sulit, tapi kalo udah biasa gak berat kok.

- Buat jadwal
Jadwal di sini digunakan untuk memudahkan kita dalam mengatur pola belajar. Hal ini bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan kita. Jadwal yang kita buat ini juga berfungsi agar kita tidak jenuh dalam belajar karena tiap harinya kita akan belajar mata pelajaran yang berbeda. Sekali-kali jangan menyepelekan satu mata pelajaran pun. Soalnya kadang kita memberi porsi belajar sedikit untuk suatu mata pelajaran tertentu dalam belajar karena merasa kita sudah menguasai.

- Belajar bersama teman
Hal ini bukanlah hal pokok, tapi bisa jadi salah satu cara kita untuk belajar karena terkadang penjelasan dari teman lebih mudah kita pahami. Eits.. tapi ingat, jangan kebanyakan ngrumpi atau bercanda karena hal tersebut akan membuang waktu sia-sia. Boleh bercanda tapi harus diingat bahwa tujuan utama kita adalah belajar.

- Menjelang ujian kurangi intensitas belajar
Menjelang satu atau dua hari ujian sebaiknya kita mengurangi intensitas belajar kita. Ngebut belajar saat menjelang ujian membuat kita semakin stres dan jenuh sehingga nanti hasilnya malah gak maksimal. Sebelumnya kita kan udah belajar rutin, jadi pelajarilah bagian yang belum dimengerti saja.

- Datang lebih awal saat ujian
Hal ini dimaksudkan agar kita tidak terlambat ujian sehingga mengurangi resiko kerugian waktu mengerjakan soal. Selain itu agar kita lebih menguasai medan pertempuran :p

- Kerjakan dulu soal yang mudah
Kita harus pandai memilah-milah soal. Kerjakan dulu soal yang menurut kita mudah setelah itu baru ke soal yang sulit. Jangan langsung mem-blok dengan tebal jawaban kita, beri tanda terlebih dahulu berupa titik atau coretan tipis agar nanti jika jawaban kita salah dapat dengan mudah menghapusnya.

- Periksa berulang-ulang dan teliti
Jangan sampai ada soal yang terlewat. 10 menit sebelum waktu habis silahkan memblok dengan tebal jawaban anda.

Dari seluruh tips diatas ada tips yang terpenting dan tidak boleh dilewatkan yaitu berdoa dan jangan lupa untuk meminta doa restu dari orang tua.

Semoga Sukses :)

0 komentar:

Posting Komentar